Home » Uncategorized » Maskapai murah, servicenya “murahan”?

Maskapai murah, servicenya “murahan”?

Sumpah, gue lagi kesel banget.

Jadi ceritanya beberapa waktu lalu gue liat di internet ada promo tiket pesawat murah: “pergi bayar, pulang dibayarin (alias pulangnya gratis)”. Ga usah lah gue sebutin maskapainya apa, nanti jg lo bakal tau sendiri.
Nah, sebagai orang yg hobi jalan2 dgn budget murah, otomatis gue langsung berburu tiket ini.
Tujuan gue adalah: Jakarta-Padang.
Sekalian pulang kampung nih ceritanya…
Pertama2, gue nyari temen buat diajakin “ngelayap” bareng, dan orang itu tak lain dan tak bukan adalah….nyokap gue. Hehe..
Kata nyokap gue: “pilih aja tanggalnya, kalo bisa cuti sehari aja, jgn lama2”.
Ok, Mom. “Perburuan” pun dimulai.
Setelah nyari tanggal2 yg dikira cocok, akhirnya gue dapet flight:

Berangkat:

Sat, May 2013 depart CGK 5:35
Arrive PDG 06:55

dgn pertimbangan gw nyampe Padang jam 7.30an jadi bisa puas lah di sana half day sabtu-full day minggu- half day senin

Pulang:
Mon, May 2013 depart PDG 21:45
Arrive CGK 22:10

dgn pertimbangan kalo berangkat malem ada om gue yg nganter ke bandara begitu beliau pulang kerja.
FYI, maskapai ini cuma punya jadwal penerbangan 1x sehari. Jadi ya hari sabtu itu emang cuma ada flight Jkt-Pdg jam 6 subuh dan Pdg-Jkt jam 10 malem.
Dan gue dapet harga promonya: pergi bayar, pulang gratis.
Gue booking (dan udah bayar pake CC) berdua kenanya ga nyampe 1juta. Jkt-Pdg PP. Jd kalo dihitung sekali flight per orangnya kena +/- 250rb. Yang pernah flight ke Padang pasti tau kalo ini harga udah murah banget.

Tiket itu gue booking kalo ga salah pertengahan maret lalu. Gue lupa tanggal pastinya.
Terus tau2 gue dapet email RESCHEDULE dari maskapai tersebut.
Isinya begini:
Dear passangers, your flight has been rescheduled DUE TO NETWORK SYSTEM. Your new flight are as follows:
Sat, May 2013 depart CGK 11:00
Arrive PDG 12:35
Mon, May 2013 depart PDG 13:10
Arrive CGK 14:45

*hening beberapa detik*

Kemudian…..WHAT THE…..????!!!
Jadi, flight Jkt-Pdg gue yg harusnya jam 5.30 pagi, DIUNDUR jadi jam 11 siang. Dan flight pulangnya yg harusnya jam 9 malam, DIMAJUIN jadi jam 1 siang.

Hei M******, who do you think you are? Seenaknya aja ngubah2 jadwal orang, sampe beda 8 jam dari flight semula?!

Begitu selesai baca, gue ga langsung telpon ke CSnya, soalnya waktu itu gue bener2 lagi emosi. Ya gimana ga emosi, itinerary gue kacau gitu aja.:/
Gue tunggu sampe ga terlalu emosi. Soalnya kalo pas lagi emosi gitu gue hubungin CSnya, yg ada mungkin malah gue ajak berantem yg angkat telpon gue.šŸ˜

Malemnya, udah agak cooling down nih ceritanya, mulailah gue berusaha menghubungi CS maskapai penerbangan-seenak-jidat itu.

Call #1
Tut tut tut
Gagal. Ga ada nada sambung, yg ada cuma nada sibuk.
Call #2
Tut tut tut
Gagal lagi. Ok, emosi gue mulai naik.
Call #3
Ada nada sambung, dijawab sama mesin otomatis, dan katanya gue masuk waiting list ke CS. Hih, pasti banyak yg komplen deh.
*nunggu 30 detik, 1 menit ga terhubung juga ke CSnya*
Gila, udah brp abis pulsa gue?
*matiin telepon*
Call #4
Tut tut tut
Nada sibuk (lagi)

Berhubung udah malem, gue udah ga minat lagi nyoba ngehubungin CS.

Besoknya, gue minta tolong ke nyokap buat cancel flight kita. Sebelumnya, nyokap udah gue ‘training’ dulu.
Gue bilang: Ma, pokoknya minta duit balik 100%, jgn mau dipotong apa2, soalnya ini kan bukan salah kita. Kita beli flight ini karena mau jadwal yg jam 6 pagi dan 9 malam. Kalo jadwalnya ga ada, kita juga ga bakal beli kok… bla.. bla.. bla..
Panjang lebar lah pokoknya gue ngasih petuah ke nyokap. :))

*beberapa menit kemudian, via YM*
Mama: Udah di telpon, bisa di cancel, duit balik 100%
Gue: Alhamdulillah..šŸ™‚

Yah, walaupun rencana liburan gue gagal, seenggaknya gue ga keilangan apa2.
Next, gue ga mau lagi pake maskapai-seenak-jidat itu. Udah cukup sekali ini gue kena rescheduled sampe berjam-jam gini.

Yang pasti sih, ga semua maskapai dengan budget murah, punya service yg murahan. Soalnya gue udah 3x terbang pake maskapai tetangga (dengan budget yg jauh lebih murah dari yg ini) tapi service mereka sejauh ini belum pernah mengecewakan. Ya..mungkin gue aja yg lagi apes ketemu maskapai-seenak-jidat ini.šŸ™‚

Nah, yg penting jangan pernah kapok kalo mau jalan2 dengan minimal budget, mari berburu tiket murah selanjutnya!
^^

Leave a Reply

